Mengenal Kopi Jawa Kopi Terbaik Didunia

 
Mengapa pulau Jawa bisa menghasilkan kopi?
Begini ceritanya..

Pada abad ke 17, Belanda membawa kopi ini masuk ke pulau Jawa dan menjadi komoditi ekspor saat itu. Varitas Arabica, namun karena terjangkit wabah, kemudian mereka mengganti dengan varitas Liberica, walaupun nanti varitas yang berkembang adalah Robusta dan Arabica.


Kopi Jawa kopi terbaik didunia memiliki rasa yang khas bagi penggemar kopi, memiliki rasa yang kuat, ada rasa pedas dan rasa manis / strong, spicy and sweet. Mengapa demikian? Karena kondisi spesifik di pulau Jawa membuat rasa biji kopi yang tumbuh disana. Kopi ditanam pada ketinggian 3000 hingga 6000 kaki, dan ditanam ditanah vulkanik dan kaya nutrisi membuat kopi yang ditanam memiliki rasa yang khas. Ada beberapa tempat dibagian timur pulau Jawa penghasil kopi terbaik yang awalnya dikelola oleh Belanda ratusan tahun yang lalu namun kemudian saat ini dikelola oleh pemerintah Indonesia.

Kopi Jawa diproses dan diolah dari biji terbaik, setalah dipanen kemudian dicuci, dikeringkan sebelum dipilah dan dipanggang / roaster /. Biji kopi Jawa sering ditambahkan dengan biji kopi dari negara lain untuk mendapatkan rasa dan campuran yang unik dan mereka memberi nama mocha-java / mocha-java blend.

Disamping penghasil padi, kopi dari Jawa bisa dijadikan oleh-oleh bila anda berjalan jalan ke daerah penghasil kopi. Secangkir kopi Jawa kopi terbaik didunia ketika dihidangkan bisa sebagai pembuka percakapan menguak perjalanan panjang sejarah perkembangan kopi dari jaman Belanda sampai sekarang, secangkir kopi memang nikmat namun pedih dirasa ketika ingat yang dilakukan penjajah.

Semoga bermanfaat.

Read More:

Comments

Jangan lupa untuk selalu mengunjungi blog gelegar kopi untuk mendapatkan infomasi dan berita terbaru.