Penting Sejarah Kopi Espresso

Minum kopi sambil nongkrong enak banget, cukup panaskan air siapkan bubuk kopi tambah gula atau susu sesuai selera. Apalagi ditemani dengan jagung rebus, kacang rebus ditambah ubi goreng wah nikmaat. Air mendidih atau panas tuang tuh ke gelas yang sudah berisi kopi langsung sruput nikmat dah. Cepat mudah dan praktis..

Penting Sejarah Kopi Espresso
Berbeda sekarang ini penyajian kopi sudah bemacam-macam teknik dan alatnya. Alatnya saja dari harga ratusan ribu sampai puluhan juta bahkan ratusan juta. Bagi mereka yang sudah dipanggil Barista alat-alat seperti Coffee percolator, Coffeemaker, Moka Pot sudah biasa dan tidak asing. Namun bagi saya paling cukup ceret atau panci dituang air dimasak sudah cukup hehehe.

Salah satu teknik membuat kopi adalah teknik espresso yaitu  proses pembuatan kopi dengan teknik tekanan air panas / brewed melewati bubuk kopi. Dengan teknik ini proses pembuatan kopi menghasilkan rasa kopi  secara espresso sangat khas. Teknik espresso juga membuat kadar cafein yang dihasilkan lebih sedikit bila dibandingkan dengan proses pembuatan kopi standar untuk berat mg kopi yang sama.

Teknik pembuat kopi espresso ini dikenal di Italia, dalam bahasa Italia "Espresso" artinya cepat. Teknik dimulai oleh Luigi Bezzera. Dia berpikir bagaimana mendapatkan segelas kopi dengan rasa nikmat namun bisa dibuat / brewe secara cepat. Maka dibuatlah mesin pembuat kopi espresso yang terkanal sampai sekarang.

Catatan:
Tahun 1901 Luigi Bezzera mengajukan paten untuk mesin espresso.
Tahun 1903 Luigi Bezzera paten ini kemudian dibeli oleh Desiderio Pavoni
Tahun 1905 The Pavoni perusahaan mulai pembuatan pabrik mesin espresso didasarkan paten Bezzera
Tahun 1927 pertama kali mesin espresso dipasarkan di Amerika Serikat.

Read More:

Comments

Jangan lupa untuk selalu mengunjungi blog gelegar kopi untuk mendapatkan infomasi dan berita terbaru.